Bisnis kedai kopi semakin menarik banyak peminat. Ini lantaran pergeseran makna minum kopi bagi masyarakat. Dulu, kebiasaan minum kopi hanya untuk para orang tua. Namun kini, menikmati kopi telah bergeser menjadi gaya hidup anak muda. 

Bahkan banyak anak muda harus memulai hari dengan meminum secangkir kopi. Meningkatnya penikmat kopi, menjadi salah satu lahan bisnis yang menarik. Sayangnya, hal ini dibarengi dengan kompetitor yang juga menjamur, sehingga penting untuk menentukan konsep kedai kopi yang berbeda. 

Menentukan konsep kedai kopi dapat menguatkan branding bisnis. Konsep yang matang dapat menjadi pembeda sehingga menarik konsumen untuk berkunjung. Oleh karena itu, menentukan konsep sangat penting dalam perkembangan bisnis kopi. 

Berikut beberapa tips menentukan konsep bisnis kedai kopi, temukan karakter unik yang dapat memikat konsumen.

Memikirkan Secara Matang Konsep Kedai Kopi

Perencanaan konsep yang matang memudahkan untuk menyelesaikan step selanjutnya. Pebisnis akan dengan mudah menjalankan sistem pengelolaan, memasarkan produk dan memproduksi produknya. 

Landasan utama dalam sebuah bisnis di industri kopi haruslah jelas. Sehingga, pelaksanaan bisnis kedepannya dapat selaras. Pemilihan konsep dapat dipikirkan bersama partner agar lebih personal.

Menentukan Letak Coffee Shop 

Lokasi menjadi hal yang paling krusial, di sini produk dipasarkan kepada pembeli. Bahkan, jika menggunakan konsep kopi foodtruck, tetap harus jelas lokasi mangkalnya. Kini, banyak pula pemilik bisnis yang memanfaatkan tempat sempit seperti garasi atau kios kecil. 

Kebanyakan lokasi yang sempit menjual kopi take away, konsep coffee to go biasanya berada di dekat gedung perkantoran. Konsumen utama mereka para pekerja kantor yang sibuk dan membutuhkan kopi untuk kembali fokus pada pekerjaan. 

Pemilik bisnis industri kopi dapat menentukan konsep setelah menemukan tempat atau sebaliknya. Memilih lokasi yang strategis menjadi poin penunjang kepopuleran coffee shop. Semakin mudah dijangkau konsumen, maka semakin besar kemungkinan kesuksesan kedai. 

Jadi, memilih lokasi dekat pusat keramaian membuat kedai mudah terlihat calon konsumen. Tempat peristirahatan atau rest area juga merupakan lokasi yang cocok menjadi lokasi coffee shop.  

Menentukan Desain Interior dan Eksterior

Desain eksterior yang menarik dapat menciptakan rasa penasaran dari konsumen untuk mendekat. Sementara, interior yang nyaman dan unik akan meninggalkan kesan tertentu pada pengunjung. Gabungan keduanya akan memungkinkan peningkatan kesan pada pengunjung, sehingga akan datang kembali kedua kali dan seterusnya. 

Interior yang nyaman serta pencahayaan yang pas dapat membuat pengunjung berlama-lama. Memperhatikan pemilihan meja dan kursi yang nyaman, juga menyediakan area merokok khusus. Jangan sampai pengunjung yang tidak merokok merasa terganggu kenyamanannya. 

Banyak sekali konsep kedai kopi yang menarik, misalnya menggunakan tema industrial, minimalis, unfinished, dan banyak lainnya. Selain itu, ada juga yang sengaja, mengusung tema hidden gems dan neighborhood cafe. Biasanya memilih lokasi tersembunyi, tetapi memiliki spesialisasi tertentu sehingga banyak yang mencari. 

Menentukan Menu dan Supplier Bahan

Menu menjadi bagian utama sebuah kedai kopi. Menentukan menu biasanya mencocokkan dengan konsep awal. Jika menerapkan konsep coffee take away, biasanya hanya menyediakan minuman. Meskipun tidak sedikit yang juga menyediakan dessert

Ada pula coffee shop yang menyediakan kopi dengan makanan manis. Bahkan, ada yang juga menyediakan makanan besar dan minuman segar seperti jus. 

Tidak kalah pentingnya mencari supplier bahan makanan dan minuman. Memastikan kualitas yang terbaik dengan harga yang sesuai budget. Memiliki supplier yang tepat menjamin ketepatan pengadaan bahan sehingga tidak sampai kehabisan. 

Promosi

Jika konsep dan semua langkah telah dijalani dengan baik. Maka, kini saatnya untuk mempromosikan kedai kopi. Pebisnis dapat membuat promo ketika awal buka dengan perhitungan yang pas, jangan sampai budget boncos di awal promo. 

Memanfaatkan media sosial untuk memasarkan informasi keberadaan kedai. Menciptakan menu baru dan unik lalu memasarkan melalui promosi dapat menarik pelanggan. Namun, pebisnis harus memperhatikan kualitas dan rasa dari menu tidak hanya sekedar hanya baru. 

Pastikan untuk mempromosikan kedai dengan menarik, tetapi juga tidak melebih-lebihkan. Menunjukkan yang terbaik kepada konsumen mulai dari pelayanan dan produk membuat kedai memiliki kepercayaan tersendiri. 

Jadi, apakah sudah memiliki bayangan tentang konsep kedai kopi impian?. (*)

Ingin bisnis dikenal oleh para pecinta kopi Indonesia? Mari bergabung bersama Kopikita.