Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 merupakan acara pameran yang mempertemukan ratusan perusahaan nasional serta internasional dalam bidang Food & Beverages (F & B) dan perhotelan.

FHI mengangkat tema “Counteract the Environmental Impact Through Sustainability Towards the Global Market” yang tujuan acaranya untuk mendukung pertumbuhan bisnis F&B dan perhotelan secara berkelanjutan.

Acara diselenggarakan 25-28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran. Pameran ini menghadirkan berbagai macam kategori produk mulai dari, 

  • Bakery, pastry, & gelato,
  • Dairy,
  • Food Ingredients,
  • Frozen Food,
  • Halal,
  • Vegan,
  • Natural & Organics,
  • Meat,
  • Seafood,
  • Processed Food,
  • Snacks & Confectionery,
  • Coffee & Tea,
  • Drinks,
  • Beer,
  • Wines, Spirits, & Alcoholic Drinks,
  • Foodservice Equipment,
  • Foodservice & Technology,
  • Hospitality Design & Supplies, dan
  • Hospitality Technology

Salah satu kategori utama dari acara Food & Hotel Indonesia 2023 adalah coffee & tea. Pameran ini mendukung masa depan industri kopi agar sejahtera dan berkelanjutan dengan memfasilitasi dua event menarik. Event tersebut adalah Coffee Talk & Indonesia Coffee Events. 

Coffee Talk, Upaya Sejahterakan Petani Kopi

Coffee Talk merupakan acara talkshow bersama pakar-pakar di industri kopi. Event ini diselenggarakan oleh Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) dengan tujuan untuk mengetahui peluang serta tantangan apa saja yang kini dihadapi oleh industri kopi.

Pembahasan utama dalam diskusi ini adalah menyoroti tentang pentingnya keterlibatan petani kopi dalam memastikan terciptanya masa depan industri kopi yang sejahtera.

Tiga pembicara diundang untuk membahas tema “Kepedulian Insan Perkopian dalam Meningkatkan Kemakmuran Petani Kopi Menuju Kopi Berkelanjutan”. 

Pembicara-pembicara tersebut, yaitu

  • CEO of Kapal Api, Adi Haryono,
  • Business Owner, Surip Mawardi, dan
  • Founder Jakarta Kopi, Arie Arifin

Hal ini menunjukkan komitmen bersama para pelaku industri kopi untuk membantu menyejahterakan para petani. Seperti diketahui, pada tahun 2022, jumlah produksi kopi di Indonesia mencapai angka 794,8 ribu ton.

Kesuksesan tersebut tidak lepas dari peran para petani kopi yang mampu bekerja secara maksimal untuk mengelola hasil panen yang ada. Oleh sebab itu, sangat penting memastikan petani kopi memiliki kehidupan yang sejahtera agar fokus terhadap hasil panennya.

Pada tahun 2014, produksi kopi Indonesia menurun drastis dari tahun sebelumnya. Salah satu penyebabnya karena kurang tepatnya proses pasca panen. Selain itu, banyak pula yang menjadi petani kopi hanya sebagai sambilan sehingga tidak fokus pada proses panennya.

Indonesia Coffee Events, Promosikan Budaya Kopi Indonesia Lewat Kompetisi

Selain Coffee Talk, dalam pameran Food & Hotel Indonesia 2023 juga terdapat acara menarik lainnya, yaitu Indonesia Coffee Events (ICE). Diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), ICE merupakan kompetisi yang diadakan untuk mempromosikan budaya kopi Indonesia.

Dengan adanya kompetisi ini, para barista atau professional kopi dapat menunjukkan bakatnya sekaligus menunjukkan kekayaan kopi Indonesia. 


Melalui kompetisi, dunia dapat melihat, merasakan, serta mengagumi inovasi-inovasi dari kopi Indonesia. Hal tersebut nantinya membuka banyak peluang yang membantu menciptakan masa depan industri kopi yang sejahtera.

ICE menyelenggarakan tiga kategori kompetisi, yaitu

  • Indonesia Latte Art Championship,
  • Indonesia Coffee Roasting Championship, dan
  • Indonesia Coffee in Good Spirit Championship

Tidak sekadar berkompetisi biasa, para barista yang menjadi peserta juga memperebutkan tempat untuk menjadi perwakilan Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC).

WBC adalah ajang tahunan bergengsi yang bertujuan untuk mempromosikan keunggulan kopi serta menunjukkan bakat-bakat barista kepada seluruh dunia. Di kompetisi ini, puluhan barista dari seluruh dunia berkumpul untuk bersaing memikat hati juri dan penonton.

Kriteria penilaiannya adalah kebersihan, inovasi, kreativitas, hingga rasa kopi. Itulah mengapa kompetisi ini bisa mempromosikan kopi Indonesia ke dunia.

Kedua event di atas menunjukkan upaya-upaya yang dilakukan para pelaku industri kopi untuk menciptakan masa depan industri kopi yang sejahtera dan berkelanjutan.

Food & Hotel Indonesia 2023 mendukung upaya-upaya tersebut dengan memfasilitasinya. Seperti apa yang disampaikan oleh Marketing Communication Manager FHI 2023, Leonarita Hutama. Ia mengungkapkan bahwa acara ini diharapkan bisa mendukung kemajuan industri nasional.

“Tidak hanya sebagai ajang pameran, tetapi juga menjadi sarana belajar untuk para pebisnis. Berharap agar bisa mendukung bisnis yang berkelanjutan,” jelasnya. 


Kamu penikmat kopi? Saatnya kunjungi platform KopiKita untuk menemukan kopi dari berbagai daerah di Indonesia dengan harga terbaik.